::serba-serbi ibu::
Saturday, May 28, 2005
 
wortel
Beberapa manfaat dari Wortel (Daucus carota)
Diambil dari Nova, ditulis ulang mba Haryati Yusuf

KULIT JADI MULUS
Wortel juga baik untuk perawatan kulit. Vitamin A di dalam wortel dapat mengurangi atau menghilangkan kerutan-kerutan, sehingga jadi tampak mulus. Caranya seperti memakai masker.

Sediakan 1-2 wortel, cuci bersih lalu hancurkan dengan cara diblender. Oleskan merata pada wajah atau bagian tubuh yang diinginkan. Biarkan sekitar 10 menit, lalu cuci dengan air bersih. Cara lain, ambil 1-2 wortel, cuci bersih lalu kukus. Hancurkan dengan blender, lalu tambahkan sedikit madu. Oleskan pada wajah, diamkan 10 menit. Bilas dengan air bersih. Selama memakai masker, wajah harus diam. Jangan menggerakkan wajah atau bercakap-cakap.

Bisa juga dengan mengerik kulit luar wortel. Siapkan 2-3 wortel, kerik kulit luarnya, lalu cuci bersih. Parut dan peras airnya. Oleskan air wortel ke wajah.
***

MAKIN JOS DENGAN JUS
Benarkah wortel bisa menambah keperkasaan lelaki? Yang jelas, di dalam wortel terdapat senyawa yang disebut paspirine. Nah, senyawa inilah yang menggenjot kelenjar pituitary, yang ada di belakang kepala, agar giat memproduksi hormon testosteron. Bertambahnya kadar testosteron otomatis juga menambah keperkasaan pria.

Caranya? Rajin-rajinlah minum jus wortel. Sediakan 4-5 wortel (tanpa dikupas) dan beberapa lembar daun. Cuci bersih lalu blender. Tambahkan 2 sendok teh minyak zaitun, kemudian blender lagi agar tercampur merata. Peras sari wortel dan tambahkan sedikit madu. Secangkir jus wortel mengandung 25 mg betakaroten.

Minumlah siang atau malam hari, bisa sebelum atau sesudah makan. Namun, frekuensi minum jus ini harus diperhatikan. Misalkan 2 hari sekali. Atau jika tubuh memungkinan, bisa setiap hari selama seminggu, istirahat seminggu, kemudian lanjutkan minum lagi. "Terapi wortel" ini sebaiknya juga dibarengi konsumsi sayuran dan buah segar plus olahraga.
***

DARI MATA MINUS SAMPAI KEJANG JANTUNG
Di dalam wortel terdapat kandungan kimia yang berguna untuk berbagai pengobatan, antara lain:

1. Pemeliharaan mata. Ambil 7 wortel, cuci bersih lalu parut. Jika perlu, tambahkan sedikit air, kemudian diperas. Saring dengan air bersih. Minum sekali sehari, dan diulang 2 kali seminggu.

2. Batu ginjal. Ambil 7 wortel, cuci bersih. Tambahkan 100 ml air, didihkan selama 15 menit. Saring dengan kain bersih dan peras. Minum sekali sehari selama sekitar 1-2 minggu.

3. Cacing kremi. Siapkan 5 wortel, cuci lantas parut. Tambahkan santan kelapa dan sedikit garam, peras dan saring. Minum menjelang tidur malam.

4. Eksim. Ambil 1 wortel, cuci lalu parut. Campur dengan 1 sendok teh kapur sirih, tempelkan pada bagian tubuh yang terserang eksim, lalu perban.

5. Hipertensi. Siapkan 500 gr wortel, kemudian cuci dan potong-potong. Masukkan ke dalam blender, tambahkan sedikit air matang. Blender lalu saring. Minum 3 kali sehari.

6. Batuk. Sediakan sebatang wortel, bersihkan lalu parut. Tambahkan 2 sendok makan air panas, peras. Bila perlu, tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai merata. Minum 2 kali sehari.

7. Kejang jantung. Siapkan 3 wortel, cuci lalu parut. Tambahkan 2 gelas air matang, peras. Tambahkan 2 sendok makan madu dan sepotong gula aren. Aduk sampai merata. Minum sekali sehari.

8. Nyeri haid. Sediakan 250 gr wortel, cuci bersih dan potong-potong. Beri sedikit air matang, lalu diblender. Minum 2 kali sehari.

Comments: Post a Comment

<< Home

Powered by Blogger